Cara Pengkabelan Cross Dan Straight Lengkap

Halo semuanya, balik lagi sama admin bijiten, semoga anda semua sehat ya, kali ini kali akan share cara pengkabelan cross dan straight yang kami rangkum dari sumber shelburneartcenter, oke tidak usah lama. Mari simak yuk.

Cara Pengkabelan Straight

Untuk menghubungkan kabel UTP ke konektor RJ-45, ada dua jenis koneksi, yaitu lurus dan silang, yang memiliki fungsi berbeda. Kabel langsung digunakan untuk menghubungkan PC ke hub / switch, sedangkan kabel cross digunakan untuk menghubungkan PC ke PC secara langsung tanpa hub / switch atau menghubungkan hub / switch ke hub / switch. Untuk mempraktikkan koneksi, setidaknya kita perlu:

  1. kabel UTP
  2. Konektor RJ-45
  3. Tang Crimping
  4. Jenis kabel lurus

Kami akan mencoba membuat kabel lurus, pertama strip pelindung luar kabel UTP dan kemudian mengaturnya untuk meluruskan kabel di dalamnya. Pesan posisi sesuai dengan diagram berikut. Potong ujung kabel dengan gunting untuk membuatnya rata. Masukkan ke dalam konektor RJ-45 dan kemudian crimped dengan tang. Ikuti metode untuk akhir kedua dengan langkah pertama. Masukkan ujung kedua kabel ke tester LAN dan periksa, jika semua lampu terhubung, maka kabel siap digunakan.

Pesanan tepi A

  1. putih oranye
  2. Jenis kabel silang

Untuk kabel crossover juga sama dengan yang sebelumnya, hanya bedanya, perhatikan salah satu ujung yang berbeda. Standar untuk kabel ini yang dijamin kurang dari 100 meter, di atas 100 meter Anda kemungkinan akan mengalami kerugian.

Jika seseorang bertanya bagaimana membedakan kabel lurus dan kabel silang? Sangat mudah, perhatikan ujung kedua kabel, lihat diagram jika yang pertama adalah putih oranye, maka putih oranye kedua juga pasti kabel lurus, sedangkan kabel yang disilangkan di satu ujung dimulai dengan hijau putih.

Pesanan tepi A

  1. putih oranye
  2. Siapkan bahan-bahan di atas.
  3. Buka lapisan Kebel UTP dengan gunting atau alat pemotong lainnya sesuai dengan ukuran yang benar untuk memasuki RJ-45.
  4. Setelah itu, buat pengaturan warna (tentukan metode cross atau straight wiring)
  5. Potong susunan kabel (ratakan) dengan gunting atau tang.
  6. Masukkan kabel level UTP ke dalam RJ-45 dengan benar.
  7. Masukkan dan sambungkan kabel UTP dan RJ45 yang telah terpasang ke lubang tang.

Saya berharap pengalaman yang saya bagikan dapat bermanfaat bagi Anda semua, dan saya minta maaf jika ada kata yang salah … karena saya juga masih dalam masa pembelajaran.

Nantikan juga tulisan kami yang lainnya, simak terus ya. Boleh di bookmark dulu situs kami ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *