Pengertian Organoleptik dan Penjelasannya

Definisi organoleptik

Organoleptik adalah tes bahan makanan berdasarkan preferensi dan kemauan untuk menggunakan suatu produk. Tes organoleptik atau tes sensorik atau tes sensorik itu sendiri adalah cara pengujian menggunakan indera manusia sebagai alat utama untuk mengukur penerimaan produk.

Uji Organoleptik

Tes organoleptik memiliki peran penting dalam penerapan kualitas. Tes organoleptik dapat memberikan bukti penguraian, penurunan kualitas, dan kerusakan lainnya pada produk.

Persyaratan yang harus ada dalam tes organoleptik adalah keberadaan sampel (sampel), kehadiran panelis dan pernyataan respons yang jujur. Dalam evaluasi produk makanan, sifat menentukan apakah suatu produk diterima atau tidak adalah sifat sensorisnya.

Ada enam tahap evaluasi sensorik, yaitu, pertama menerima materi, mengenali materi, mengklarifikasi sifat-sifat material, mengingat materi yang telah diamati dan menggambarkan sifat sensoris produk. Tes organoleptik harus dilakukan dengan hati-hati karena memiliki kekuatan dan kelemahan. Tes organoleptik memiliki relevansi yang bagus untuk kualitas produk karena secara langsung berkaitan dengan selera konsumen.

Selain itu, metode ini cukup mudah dan cepat dilakukan, hasil pengukuran dan pengamatan juga didapat dengan cepat. Oleh karena itu, tes organoleptik dapat membantu analisis bisnis meningkatkan produksi atau pemasaran.

Tes organoleptik juga memiliki kelemahan dan keterbatasan karena beberapa sifat sensorik yang tidak dapat dijelaskan. Manusia adalah panelis yang kadang-kadang dapat dipengaruhi oleh kondisi fisik dan mental, sehingga panelis dapat menjenuhkan dan mengurangi sensitivitasnya. Selain itu, komunikasi juga dapat terjadi antara manajer dan panelis.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>